HAK & KEWAJIBAN PASIEN



 

             


HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN

DALAM PELAYANAN KESEHATAN

UPT PUSKESMAS PAGERWOJO

 

 

HAK PASIEN :

1.    Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan pelayanan yang berlaku di Puskesmas

2.    Mendapatkan informasi atas :

a.       Penyakit yang diderita

b.      Tindakan medis yang akan dilakukan dan kemungkinan penyulit sebagai akibat tindakan tersebut, cara mengatasinya     dan alternatifnya

c.       Upaya pencegahan agar penyakit tidak kambuh lagi atau pencegahan agar anggota keluarga/orang lain tidak menderita

       penyakit yang sama

3.    Minta konsultasi medis

4.    Menyampikan pengaduan, saran, kritik, dan keluhan berkaitan dengan pelayanan

5.    Memperoleh pelayanan yang bermutu, aman, nyaman, adil, jujur dan manusiawi

6.    Hasil pemeriksaan yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan, tujuan tindakan, alternatif tindakan, resiko, biaya, dan     komplikasi yang mungkin terjadi dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan

7.   Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang   dideritanya kecuali untuk kasus KLB yang dapat membahayakan masyarakat

8.    Keluarga dapat mendampingi saat menerima pelayanan kesehatan

 

KEWAJIABAN PASIEN :

1.    Membawa kartu identitas (KTP/SIM) atau mengetahui alamat dengan jelas kunjungan pertama kali

2.    Membawa kartu berobat

a.    Pengguna layanan BPJS harus membawa kartu BPJS dan kartu kunjungan berobat

b.    Pengguna layanan umum yang sudah pernah berkunjung membawa kartu kunjungan berobat

3.    Mengikuti alur pelayanan puskesmas

4.    Mentaati aturan pelayanan dan mematuhi nasihat serta petunjuk pengobatan

5.    Memberikan informasi yang benar dan lengkap tentang masalah kesehatannya kepada tenaga kesehatan di Puskesmas